Windows 7 dan Ubuntu 10.04

Windows 7 , sebagai salah satu sistem operasi keluaran terbaru dari Microsoft memiliki fitur dan tampilan yang sangat menarik. Dibanding produk sebelumnya. Ketahanan terhadap virus saya nilai juga lebih baik, dimana setiap proses yang mengakses ke sistem akan dilakukan konfirmasi kepada pengguna apakah akan diakses atau tidak. Konsep ini sebenarnya sudah lama digunakan di sistem operasi linux (distro apapun) dimana proses yang mengakses ke sistem user akan selalu ditanya passwordnya atau harus diotorisasi terlebih dahulu, sehingga tidak sembarang proses ke sistem akan dijalankan. Konsep ini yang disebut sebagai root.

Pada kesempatan ini saya tidak akan bercerita lebih dalam tentang Windows 7 atau linux,, saya hanya ingin berbagi kepada pengguna komputer mengenai alternatif sistem operasi bila tidak memiliki dana cukup untuk membeli lisensi windows xp / 7 (kalau vista saya tidak tahu persis karena belum pernah mencoba)

Alternatif sistem Operasi yang akan saya ceritakan yaitu Ubuntu 10.04.

Produk ini merupakan turunan dari Debian yang dikembangkan secara khusus oleh perusahaan Canonical. Beberapa produk ubuntu mulai dari versi 7 , 8, 9 hingga 10 telah saya coba, dan saya merasa SO ini makin mudah digunakan , terutama dengan dukungan secara on-line bila ditemukan permasalahan seperti hardware yang tidak terbaca, hingga penyediaan software software yang free lisensi.

Untuk versi 10.04 merupakan produk yang powerful dimana seluruh hardware produk terbaru dapat dideteksi oleh SO ubuntu 10.04. Sebagai contoh  hardware yang tidak terdeteksi di windows 7, seperti bluetooth dapat terdeteksi di ubuntu, hanya masih ada satu masalah webcam tidak pernah berhasil terbaca. Tapi alhamdulilah sekarang sudah terbaca
, atas saran dari pembaca (terima kasih banyak saya ucapkan), Aplikasi yang saya gunakan cheese

Akhir kata, jangan takut untuk mencoba sistem operasi selain windows, salah satu produk linux dari ubuntu dapat menjadi alternatif SO yang handal dan pasti tidak ada virus sehingga tidak perlu repot membeli antivirus yang harus diperpanjang tiap tahunnya.

7 thoughts on “Windows 7 dan Ubuntu 10.04

Tinggalkan Balasan

